5 Rekomendasi Menu Andalan untuk Bisnis Cafe Premium | Smartpluspro

5 Rekomendasi Menu Andalan untuk Bisnis Cafe Premium

Pandemi telah membuat banyak sektor di Indonesia bahkan dunia terpuruk, termasuk sektor makanan dan minuman. Dalam kondisi saat ini, semua pelaku usaha dituntut untuk selalu kreatif dan inovatif agar bisa beradaptasi dengan berbagai perubahan, untuk mempertahankan bisnisnya. Mereka dituntut harus mampu menangkap peluang sekecil apapun yang hadir untuk ditransformasikan menjadi ide strategi bisnis.

Para pebisnis bakery tidak hanya harus beradaptasi dengan perubahan pola bisnis, tetapi juga perubahan konsumen akibat pandemi ini. Misalnya, konsumsi masyarakat yang saat ini kembali menjadi lebih mengutamakan kebutuhan dasar, yaitu makan-minum. Selain itu, kesehatan juga menjadi hal yang utama dan sebisa mungkin mereka menjaga stamina tubuh agar tetap fit guna terhindar dari berbagai macam virus.

Smart Bakers bisa memanfaatkan peluang ini untuk menyajikan produk bakery bermutu tinggi yang aman dikonsumsi. Namun, selain menghadirkan produk yang aman, Smart Bakers juga dituntut untuk menghasilkan produk yang inovatif untuk menarik perhatian para konsumen.

Salah satu strategi atau inovasi yang bisa Smart Bakers lakukan adalah membuat produk bakery dengan kualitas premium untuk mewujudkan aneka jenis kue bermutu tinggi.  Misalnya pada  bisnis cafe premium, yang identik dengan produk bakery bermutu tinggi karena dibuat dengan bahan-bahan pilihan. Kualitas bahan tentu menjadi faktor untuk menghasilkan tekstur dan rasa terbaik agar dapat menjaring konsumen, namun selain itu, dibutuhkan juga kreativitas dalam menghasilkan berbagai produk yang unik dan inovatif.

Berikut ini adalah rekomendasi menu andalan untuk mewujudkan bisnis cafe premium yang bisa Smart Bakers coba terapkan.

Chantilly Lemon Pie

Pie adalah salah satu produk bakery yang berbentuk bundar dan memiliki tekstur yang renyah di luar serta  lembut di bagian dalam. Saat ini terdapat berbagai macam varian rasa pie yang bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Salah satu varian pie yang bisa Smart Bakers coba sebagai menu andalan adalah Chantilly Lemon Pie.

Pie dengan cita rasa lemon dengan krim chantilly yang lembut ini memiliki tampilan yang unik dan menarik. Dalam pembuatannya, Smart Bakers perlu membuat basic pie, isian pie serta krim chantilly, dan tak kalah penting, hiasan untuk membuat tampilannya makin menggoda.

Setelah adonan pie dimasukkan ke dalam loyang, beri isian yang terbuat dari gula pasir, jus lemon, kulit lemon, telur, dan fresh cream. Kemudian panggang. Setelah matang dan dingin, beri chantilly cream yang terbuat dari whipped cream, gula tepung dan gelatine. Setelah itu hias dengan coklat sesuai selera.

Resep Chantilly Lemon Pie menggunakan FILMA®️ Margarine untuk membuat adonan mengembang sempurna dan menghasilkan kue yang lebih lembut. Untuk resep selengkapnya bisa dilihat di sini. Smart Bakers juga bisa mengetahui cost calculation dalam produksi Chantilly Lemon Pie.

Whole Wheat Croissant

Gandum dikenal sebagai bahan baku makanan yang sehat karena mengandung banyak serat. Salah satu manfaatnya adalah dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Produk bakery kaya serat yang bisa Smart Bakers coba buat adalah Whole Wheat Croissant. Yuk, ketahui resep sekaligus cost calculation secara detail untuk membuat Whole Wheat Croissant di sini!

Untuk membuat kreasi croissant ini, bahan yang digunakan adalah tepung gandum utuh. Croissant ini jadi semakin nikmat karena dioles susu kedelai tawar, juga dengan taburan biji-bijian. Penggunaan FILMA®️ Margarine pada pembuatan produk bakery ini membantu menghasilkan croissant yang lembut dan membuat adonan mengembang dengan sempurna.

Cake Sagu Rangi Keju

Kue rangi atau sagu rangi merupakan salah satu kue tradisional dari Betawi yang terbuat dari campuran tepung kanji dengan kelapa parut yang dipanggang di atas tungku kecil.

Tahukah Smart Bakers bahwa sagu rangi merupakan makanan yang tinggi zat besi? Sangat cocok bagi Smart Bakers yang ingin menghadirkan menu andalan yang kaya manfaat. Untuk bahan yang digunakan, Smart Bakers bisa menggunakan tepung beras, tepung sagu, santan, dan FILMA®️ Prestige sebagai bahan utamanya.  Setelah cake dipanggang, oles dengan isian gula merah dan beri potongan kelapa iris kering. Setelah itu, poles cake dengan butter cream dan hias dengan irisan kelapa dan isian gula merah. Resep selengkapnya Cake Sagu Rangi Keju bisa dilihat di sini. Smart Bakers tidak perlu bingung memperhitungkan biaya produksi dan harga jual, karena di dalam resep sudah tertera cost calculation untuk harga per potong maupun per cake.

Amadeus White Coffee Crunch

Sponge cake yang dipadukan dengan chocolate crunch filling, white coffee syrup, white coffee mousse, glaze, dan topping membuat cake ini menarik untuk dijadikan menu andalan.

Cita rasa cokelat, kopi, raspberry dalam satu cake yang lembut ini membuat siapapun tergoda untuk mencobanya. Cake ini memiliki tekstur yang sangat lembut karena dibuat dengan FILMA®️ Margarine. Smart Bakers bisa mencoba resepnya dan mengetahui cost calculationnya di sini.

Sweet & Savoury Brioche

Roti dengan cita rasa gurih dan tekstur yang lembut ini sangat cocok dengan lidah orang Indonesia. Roti khas Perancis ini terkenal dengan kandungan telur dan margarin yang tinggi. Rasa manis dan gurihnya berasal dari kombinasi antara margarin, telur, dan tepung.

Hasilkan Sweet & Savoury Brioche yang tidak hanya lembut dan kaya rasa tetapi juga memiliki aroma butter yang wangi dengan menggunakan FILMA®️ Prestige sebagai bahan baku roti. Proses pembuatan Brioche memang tergolong sederhana, namun dibutuhkan waktu ekstra agar adonan dapat mengembang dengan maksimal.

Bahan baku yang terhitung cukup banyak dalam pembuatan roti ini mungkin membuat Smart Bakers memperhitungkan berapa banyak biaya produksi yang dikeluarkan. Yuk lihat juga cost calculation-nya di laman resep Sweet & Savoury Brioche!

Bahan Baku Premium: Kunci Bisnis Cafe Premium

Dalam kondisi saat ini, menjalankan bisnis cafe premium, dengan produk bakery, tidak hanya berbicara soal keuntungan saja, melainkan juga kualitas dari setiap produk bakery untuk memberikan layanan terbaik kepada konsumen. Dengan adanya menu andalan dengan kualitas premium membuat cafe premium Smart Bakers memiliki nilai lebih di mata konsumen.

Jika Smart Bakers tertarik untuk mencoba membuat menu andalan di atas, gunakan bahan-bahan berkualitas premium seperti produk-produk dari FILMA®️, yaitu FILMA®️ Prestige dan FILMA®️ Margarine. Kombinasikan juga kualitas produk yang baik dengan tampilan yang menarik dan rasa yang baru untuk menarik konsumen.

Pada kondisi saat ini, adaptif dan inovatif menjadi kunci pelaku bisnis, termasuk yang berskala kecil, untuk tetap eksis dan berkembang di masa pandemi. Persiapkan dan rencanakan semuanya dengan matang agar bisnis bakery mampu bertahan di tengah persaingan yang tinggi ini.

Dapatkan juga informasi lebih lanjut mengenai pemesanan produk FILMA®️ dan produk berkualitas lainnya melalui e-katalog. Selamat mencoba dan berkreasi, Smart Bakers!