Cara Membuat Choux au Craquelin yang Renyah di Luar, Lembut di Dalam | Smartpluspro

Cara Membuat Choux au Craquelin yang Renyah di Luar, Lembut di Dalam

Choux atau yang akrab dikenal dengan kue sus sangat mudah ditemukan di toko-toko kue. Kue ini biasa disajikan dengan isian vla yang manis maupun ragout yang gurih, dan sudah terkenal di berbagai negara salah satunya Indonesia.

Tidak hanya choux atau kue sus yang saat ini kita temui, kue asal Prancis ini juga sudah banyak dikreasikan dengan berbagai isian dan topping. Salah satu kreasi choux yang unik dan menarik adalah Choux au craquelin. Inovasi dari Choux Pastry yang berasal dari Prancis ini mirip seperti kue sus pada umumnya yaitu berisi krim manis.

Bedanya dengan kue sus biasa, kue ini memiliki topping yang menarik yaitu Craqueline. Lapisan topping renyah yang ini dibuat dari margarine, terigu, gula, dan pewarna makanan membuat warnanya cantik dan membuat siapapun tertarik untuk mencobanya.

Jika dalam pembuatan kue kita membutuhkan bahan pengembang, Choux au Craquelin hanya mengandalkan kandungan air untuk membuatnya renyah dan mengembang.

Bahan-bahan yang Diperlukan untuk Membuat Choux au Craquelin

Untuk membuat hidangan ini, bahan yang perlu disiapkan dibagi menjadi tiga kategori, yaitu bahan Choux Paste, bahan untuk Topping Craquelin, dan bahan untuk Vanilla Cream Filling.

Cara membuat Choux Paste adalah dengan merebus susu, air, margarine dan gula hingga mendidih. Kemudian masukan terigu, aduk rata hingga menggumpal. Angkat dari api, kemudian aduk dan biarkan hingga dingin. Setelah itu tambahkan telur perlahan kemudian aduk hingga adonan tampak mengkilap, setelah itu bentuk adonan.

Untuk membuat Craquelin Topping, kocok margarine dan gula pasir hingga mengembang, kemudian tambahkan terigu dan aduk  sampai rata. Simpan sebentar di dalam lemari es kemudian tipiskan, dan cetak dengan bentuk bulat.

Sementara untuk isian vanilla cream terbuat dari campuran susu cair, air, gula pasir, tepung maizena, terigu protein sedang, custard powder, vanila pasta, dan fresh cream.  Untuk resep Choux au Craquelin yang renyah di luar dan lembut di dalam juga bisa dilihat di sini.

Tips Membuat Choux au Craquelin yang Renyah di Luar dan Lembut di Dalam

1. Jenis Gula

Selain gula pasir, brown sugar juga bisa digunakan dalam pembuatan craquelin. Gunakan brown sugar dengan warna yang lebih cerah untuk menghasilkan warna tembaga yang cantik dengan rasa karamel yang lezat.

2. Melubangi Choux au Craquelin

Melubangi Choux au Craquelin segera setelah dipanggang memungkinkan uap keluar dan memudahkan pengisian filling. Penting juga bagi Smart Bakers yang ingin mendapatkan tekstur yang renyah karena uap yang tidak dikeluarkan biasanya menjadi penyebab cake lembek.

Setelah choux au craquelin dilubangi, saatnya mengisi krim dengan bantuan pipa. Selain dilubangi, pengisian filling juga bisa dilakukan dengan metode sandwich, yaitu membelah choux menjadi dua bagian kemudian diisi dengan krim hingga penuh.

3. Penyimpanan

Choux au craquelin lebih baik dikonsumsi di hari yang sama dengan hari pembuatannya.

Untuk adonan craquelin sendiri dapat disimpan dalam wadah kedap udara di lemari es hingga 3 hari atau di dalam freezer hingga 1 bulan.

4. Kembalikan ke dalam Oven

Salah satu cara untuk menghasilkan choux au craquelin yang renyah tahan lama adalah dengan memasukkan kembali choux yang sudah dipanggang ke dalam oven yang telah dimatikan. Suhu oven yang masih panas dapat membantu choux kembali hangat dan renyah seperti baru dipanggang.

5. Pemanggangan

Tips saat memanggang Choux au Craquelin yang perlu diperhatikan adalah gunakan oven bersuhu 170°C jika menggunakan oven convection selama 15-18 menit. Sementara bila menggunakan oven deck, panggang dengan api atas 170°C, api bawah 190°C selama 20-25 menit.

Hasilkan Choux au Craquelin Terbaik dengan Palmboom Cake Margarine

Agar cita rasa dan tekstur Choux au Craquelin semakin maksimal, bahan-bahan yang digunakan juga harus tepat, salah satunya adalah pemilihan margarine. Hal ini karena baik adonan choux maupun topping dibuat dengan menggunakan margarine. Margarine berkualitas tinggi yang bisa Smart Bakers gunakan adalah Palmboom Cake Margarine.

Palmboom Cake Margarine merupakan margarine yang bebas dari kandungan lemak trans dengan sensasi aroma fruity butter yang akan membuat produk bakery bertekstur lembut dan moist. Dapatkan informasi lebih lanjut mengenai pemesanan produk Palmboom Cake Margarine melalui e-katalog. Semoga bermanfaat dan selamat berkreasi dengan Choux au Craquelin, Smart Bakers!