Hampir setiap orang memiliki kegiatan yang disukai untuk mengisi waktu senggang. Istilah ini biasa disebut dengan hobi. Banyak sekali kegiatan yang bisa dijadikan hobi, mulai dari menulis, olahraga, memasak dan lain sebagainya.

Tidak hanya sebagai alternatif penghilang penat, beberapa hobi juga bisa dijadikan peluang usaha, baik sebagai penghasilan tambahan maupun penghasilan utama. Seperti Ibu Winda, pemilik Dapur Umi Bila yang membangun bisnis bakery dari hobi.

Ibu Winda merupakan salah satu penggemar camilan manis. Ia sering melakukan uji coba membuat camilan manis untuk dikonsumsi sendiri. Motivasinya membangun bisnis ini adalah untuk menyalurkan hobi sekaligus mendapat pemasukan tambahan.

Pada tahun 2015 lalu, ia mulai memberanikan diri membangun bisnis kue yang berdomisili di Brebes. Awalnya, ia hanya memproduksi kue kering untuk pesanan setiap Hari Raya Idul Fitri. Ia pun belum memanfaatkan media sosial sebagai platform untuk mempromosikan produk-produknya.

Tiada hari tanpa belajar demi suatu perbaikan. Pada tahun 2017, ia mulai berkecimpung membuat produk roti dan donat dengan aneka topping. Hingga akhirnya, donat lah yang menjadi produk andalan Dapur Umi Bila saat ini. Improvement ini tidak hanya berkaitan dengan skill saja, tetapi juga dalam hal pemasaran. Sejak itu, ia mulai membuat akun Facebook sebagai sarana untuk mempromosikan produk buatannya. Tidak disangka, karena rasa dan kualitasnya, banyak yang tertarik membeli hingga memberi testimoni pada produknya.

Tentu, membangun sebuah bisnis tidak luput dari yang namanya masalah. Ada begitu banyak tantangan yang harus dihadapi dalam berbisnis apapun, hal ini juga terjadi pada Ibu Winda.

Kegagalan demi kegagalan kerap kali menjadi teman dalam perjalanan bisnisnya. Produk yang gagal karena bahan baku kurang stabil hingga adanya human error atau kelalaian diri sendiri. Ia mengaku sering mengganti bahan baku dari berbagai merek di awal bisnisnya. Hal ini lah yang membuat hasil produksinya tidak stabil dan cenderung berubah-ubah.

TERPIKAT DENGAN PALMBOOM CAKE MARGARINE

Menggunakan bahan baku yang silih berganti dari berbagai merek membuat Ibu Winda tahu persis bagaimana hasil suatu bahan pada produknya. Hingga akhirnya, pilihannya pun berlabuh pada Palmboom Cake Margarine sejak mengikuti Baking Class yang diselenggarakan oleh PT Smartpluspro.

Sejak tahun 2018 atau awal ia mengenal produk Palmboom Cake Margarine, kecocokan pun langsung didapatkan pada produk yang bebas lemak trans ini. Palmboom Cake Margarine membuat tekstur cake dan kue kering yang dibuat jadi lebih lembut. Sebagai penggemar dari Palmboom Cake Margarine, Ia pun tahu betul perbaikan-perbaikan yang terus dilakukan Palmboom agar kualitasnya semakin baik. Menurutnya, tekstur Palmboom Cake Margarine saat ini semakin bagus dan solid dengan minyak yang tidak terpisah.

Palmboom Cake Margarine ibarat jodoh dalam dunia bakingnya. Semangatnya pun selalu menyala setiap memproduksi kuenya. Inspirasinya dalam membuat produk-produk kue ia dapatkan dari berbagai macam platform media sosial, mulai dari Instagram, website, hingga baking demo yang sering diikuti. Hal ini dilakukan karena ia belajar baking secara otodidak.

Selain Palmboom Cake Margarine, produk-produk yang seringkali digunakan dalam membuat kue adalah FILMA Margarine, FILMA Minyak Goreng, Masku Minyak Goreng, Menara, hingga produk Palmvita BOS. Kualitas yang baik dengan harga yang bersaing membuat hatinya berlabuh pada produk-produk Smartpluspro.

Salah satu kunci kesuksesan yang ia jalankan sekarang adalah dengan terus memperbarui produk sesuai dengan tren yang sedang berkembang atau kekinian, dan tentu strategi pemasaran dengan beriklan di media sosial.

Pesan dari Ibu Winda kepada semua Smart Bakers yang ingin sukses berbisnis kue adalah ciptakanlah produk yang menurut kita hasilnya enak. Tentu saja yang utama adalah kualitas. Meskipun kompetitor kita menjual produk yang sama dengan harga yang murah, namun dengan kualitas yang terus dijaga, maka konsumen akan datang dengan sendirinya.

Semoga cerita sukses dari Ibu Winda bisa menginspirasi Smart Bakers untuk mewujudkan keinginan membuat bisnis kue serupa. Sama halnya dengan Ibu Winda, Smart Bakers juga bisa mengandalkan produk-produk Smartpluspro seperti FILMA, Palmvita, dan Palmboom untuk menghasilkan produk bakery berkualitas premium. Pesan produknya sekarang juga melalui e-catalog. Selamat berkreasi mengembangkan bisnis bakery bersama kami!

SUCCESS STORY TERKAIT