Selama ada niat dan kemauan, seseorang pasti bisa menggapai kesuksesan. Itulah yang menjadi prinsip Trie Damayanti, pemilik dari bisnis aneka snack Korea, Bunbueok.

Perjalanan Trie dalam mendirikan bisnis snack Korea di Kota Depok ini bukanlah hal mudah. Trie benar-benar memulai segalanya dari nol semenjak mengundurkan diri dari posisi customer service di salah satu bank swasta pada tahun 2014. Niat awal Trie adalah mencurahkan seluruh perhatiannya untuk mengurus buah hati yang memiliki penyakit jantung bawaan. Setiap hari Trie membuat sendiri makanan dan camilan untuk anaknya sesuai instruksi dokter. Lama-kelamaan kebiasaan membuat camilan sendiri berubah menjadi hobi. Mengulik dapur untuk membuat aneka camilan menjadi aktivitas yang Trie sukai.

Kecintaan terhadap drama Korea membuat Trie tertarik membuat bermacam-macam snack asal Korea, salah satunya adalah Bungeoppang. Bungeoppang merupakan kue berbentuk ikan yang biasa diisi dengan pasta kacang merah dan dikonsumsi selagi hangat. Trie mengkreasikan Bungeoppang dengan isian coklat dan keju yang lumer di mulut. Tak disangka, Trie yang tadinya bukan orang yang ahli membuat kue rupanya bisa membuat Bungeoppang dengan bentuk yang menarik dan rasa yang lezat.

Terus Berjuang Meskipun Sempat Diremehkan

Trie mulai berniat menjual kue-kue hasil kreasinya. Ada kalanya mood menjadi berantakan karena gagal dalam membuat kue. Tapi Trie terus mencoba lagi dan lagi tanpa menyerah. Ketika menawarkan jualannya, orang lain banyak mencibir seolah tak percaya Trie bisa membuat kue yang layak jual. Latar belakang sebagai pegawai bank yang jarang menyentuh dapur rupanya membuat orang-orang meremehkan kemampuan Trie. Bahkan banyak yang meminta kue gratis dari Trie. Hal ini justru jadi motivasi Trie untuk terus semangat membuktikan bahwa ia bisa membuat kue berkualitas. Pada akhirnya Trie berhasil mendapatkan pelanggan yang percaya pada kemampuan Trie dan mengakui bahwa kue-kue buatan Trie memang unik, memiliki cita rasa yang khas dan layak jual.

Ada cerita saat seorang teman berbuat curang dengan cara sengaja mencomot foto kue buatan Trie dan digunakan untuk berjualan. Kejadian ini membuat Trie belajar bahwa setiap foto kue yang dipajang untuk berjualan seharusnya diberi watermark. Trie pun semakin berniat memperkuat branding untuk kue-kue buatannya dengan label Bunbueok. Kini setiap foto produk yang dipajang dilabeli dengan logo bisnis Bunbueok yang berwarna ungu.

Dalam pembuatan kue, Trie sangat memperhatikan bahan-bahan yang digunakan karena baginya tiap orang bisa menjual jenis kue yang sama tapi tiap resep tidak akan terasa sama jika dibuat di tangan yang berbeda. Pemilihan bahan termasuk minyak dan margarin akan sangat mempengaruhi rasa dan kualitas kue yang dihasilkan.

PALMBOOM MARGARINE, RAHASIA DI BALIK KUE BUNGEOPPANG YANG WANGI DAN LEMBUT

Palmboom Margarine menjadi margarin pilihan untuk bisnis aneka camilan Korea milik Trie. Setiap olahan kue yang dibuat dengan Palmboom Cake Margarine menjadi lebih wangi dan memiliki tekstur yang lebih lembut. Palmboom Margarine memiliki aroma fruity butter yang khas sehingga bisa menghasilkan aneka kue dengan rasa yang menggugah selera. Selain itu, daya kriming yang dimiliki Palmboom Margarine sangat baik sehingga menghasilkan tekstur yang bagus untuk aneka jenis kue.

Pada awalnya, Trie mencoba menggunakan Palmboom Margarine yang didapatkan dari acara Grand Baking Demo. Rupanya Trie langsung jatuh cinta dengan produk ini karena berhasil membuat kue Bungeoppang buatannya jadi terasa lebih lezat dengan aroma dan tekstur istimewa. Trie pun mulai merekomendasikan Palmboom Margarine ke teman-temannya yang menggeluti dunia baking. Menurut Trie, Palmboom Margarine memberikan hasil maksimal dengan harga yang terjangkau.

Sampai saat ini Bunbueok masih terus memproduksi aneka camilan dengan produk andalannya Bungeoppang. Bunbueok sepenuhnya beroperasi secara online dan menggunakan sistem made by order. Pemesanan biasa dilakukan melalui chat Whatsapp dan pengiriman melalui ojek online. Trie juga selalu update dengan mengunggah kreasi-kreasi kuenya di instagram @bunbueok.

Trie berharap ia bisa terus menjalankan bisnisnya dan meraih kesuksesan yang diharapkan. Pesan Trie untuk pebisnis kue lainnya adalah jangan malu untuk terus belajar dan selalu bersungguh-sungguh dengan apa yang dijalani.

SUCCESS STORY TERKAIT