Banyak orang yang berangan atau bermimpi untuk menjadi seorang pengusaha dibandingkan dengan jadi seorang karyawan. Tapi, tak banyak yang berani melangkah untuk mewujudkannya. Lain halnya dengan Beni yang mengawali karirnya sebagai seorang kepala baker di sebuah toko roti. Namun, saat bekerja di toko roti tersebut, tidaklah semulus yang Beni bayangkan. Setelah 1 tahun bekerja dan berbagi ilmu dengan sang owner, Beni dipecat dari toko roti tempat ia bekerja. Walaupun awalnya merasa sakit hati karena sang owner tidak memberikan timbal balik yang sesuai dengan harapannya, Beni tidak ingin terpuruk dan berkutat terlalu lama dalam masalah tersebut. Dari situlah muncul rasa semangat untuk membuka usaha cake and bakery sendiri. Berkat dorongan serta support dari keluarga, kini Beni sudah bisa dikatakan sukses dalam bisnis cake and bakery-nya yang diberi nama Ben’s Bakery.

BANGKIT DARI KETERPURUKAN

Sebelum meraih sukses seperti sekarang, Beni juga mengalami berbagai tantangan dalam menjalankan bisnisnya ini. Salah satu kendala pertama yang ia hadapi adalah modal yang sangat minim dan sulit untuk melakukan promosi. Ia mengatakan bahwa kadang ia merasa lelah untuk memasarkan produk-nya kepada konsumen. Dengan kesabaran dan tetap konsisten, pergumulan itu berhasil Beni lewati setelah 1 sampai 2 tahun ia rasakan pahitnya dari bisnis yang ia jalani. Bahkan ketika masa sulitnya, Beni sempat berpikir untuk kembali lagi bekerja menjadi seorang pegawai. Namun hal itu tidak ia lakukan dan tetap berjuang untuk menjalankan Ben’s Bakery.

Untuk mengembangkan bisnisnya, Beni terus mencari inspirasi untuk mengkreasikan produknya, mulai dari pengalaman kerja sebelumnya, YouTube, social media, serta bertukar pikiran dengan sesama pengusaha cake and bakery. Hal itu ia lakukan untuk tetap bisa bersaing dengan pengusaha cake and bakery lainnya. Bertukar pikiran dengan pengusaha lain merupakan hal yang penting. Mengapa? Karena dengan begitu, kita bisa belajar dari kegagalan yang mereka alami, jadi kita tidak perlu mengalami kegagalan tersebut.  

Kunci kesuksesan yang Beni raih saat ini adalah tetap melakukan inovasi tanpa henti, mengasah skill baking yang ia miliki, selalu tanamkan niat yang baik, menggali terus tentang ilmu pemasaran, tetap optimis bahwa kesuksesan akan ia raih, serta jangan takut untuk tidak untung karena seiring dengan berjalannya waktu pasti modal akan kembali.

KISAH SUKSES BEN’S BAKERY, HAMBATAN YANG JUSTRU JADI PELUANG

Tidak mau sembarangan dalam memilih bahan untuk produknya, usaha yang berdomisili di Bengkulu ini memilih Palmboom Cake Margarine sebagai salah satu bahan terbaiknya. Palmboom Cake Margarine membuat produk semakin spesial dan memiliki kualitas yang premium. Tekstur yang lembut dan moist, serta aroma fruity butter yang dihasilkan menjadi alasan Beni untuk memilih produk Palmboom Cake Margarine untuk membuat produk cake and bakery-nya.