Kreasi Makanan Ringan Berbahan Dasar Singkong Yang Lezat

Secara umum masyarakat Indonesia pasti mengetahui  singkong. Singkong merupakan salah satu bahan makanan yang tergolong jenis umbi-umbian dan sangat mudah ditemui di Indonesia. Walaupun dari bentuknya terlihat kurang menggoda, singkong justru memiliki rasa yang lezat jika diolah dengan benar. Singkong bisa dijadikan sebagai pengganjal perut karena kandungan karbohidratnya yang sangat tinggi. 

Banyak olahan cemilan yang bisa dikreasikan melalui bahan makanan ini. Sekarang, bukan hanya orang dulu saja yang memakan olahan singkong. Anak muda juga banyak yang suka dengan olahan singkong ini karena variasinya semakin banyak dan mengikuti perkembangan zaman. Olahan makanan ringan dari singkong ini tentu bisa mendatangkan keuntungan materi yang besar jika dikreasikan dengan unik dan menarik.  Berikut ini beberapa olahan singkong yang unik dan tentunya lezat.

  • Donat Singkong

Kalau biasanya donat terbuat dari kentang, sekarang donat bisa dikreasikan dengan singkong juga. Untuk membuatnya, singkong harus dikukus dan dihaluskan terlebih dahulu baru dicampur dan diuleni dengan bahan donat lainnya seperti tepung terigu protein tinggi, gula pasir, margarin, susu bubuk, kuning telur, ragi, air, garam, dan minyak goreng. Agar semakin lezat, donat singkong bisa dinikmati dengan topping gula halus, parutan keju, meses, atau topping lain sesuai dengan selera.

  • Brownies Singkong Kukus Keju

Tidak biasanya, brownies bisa diolah menjadi lebih unik dengan memadukannya dengan singkong. Meskipun terbuat dari singkong, brownies kukus ini tetap memiliki tekstur yang empuk dan lembut. Perpaduan antara dark cooking chocolate dan singkong sangatlah pas. Cara membuatnya sama dengan brownies pada umumnya, yang membedakan adalah singkong parut yang dicampurkan ke dalam adonan browniesnya. Sangat cocok untuk dijadikan santapan pendamping teh atau kopi.

  • Singkong Keju Goreng

Camilan singkong goreng memang sudah jadi favorit sejak dulu. Apalagi jika dipadukan dengan keju. Bisa ditambahkan dengan parutan keju atau lelehan keju mozarella untuk toppingnya. Dipastikan rasanya akan semakin gurih dan lezat.

  • Roti Singkong

Karena singkong mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, maka sangat cocok untuk dijadikan sebagai roti. Bahan-bahannya sama seperti dengan membuat roti pada umumnya, yang membedakan adalah campuran singkong yang sudah dikukus pada adonan roti. Kudapan ini sangat cocok untuk dijadikan makanan camilan, sarapan, maupun bekal.

Dalam mengolah singkong, haruslah dibarengi dengan kualitas yang baik dari singkong itu sendiri. Pilihlah singkong yang empuk. Singkong yang empuk dapat dilihat dari dagingnya. Jika mudah terpotong, tidak keras, dan daging singkong terlihat putih merata itu artinya masih segar dan bagus umbinya. Selain itu, pilihlah singkong dengan dengan kulit luar yang mengelupas dan warna kulit arinya merah. Cara lainnya adalah dengan memilih singkong yang batangnya lurus dan gendut pada bagian tengahnya, karena singkong dengan bentuk seperti ini akan lebih mudah untuk diolah. Ada baiknya sebelum diolah, singkong direndam terlebih dahulu agar singkong tetap segar dan tidak berubah warna akibat oksidasi.

Hasil Terbaik dengan Palmboom Cake Margarine

Hasil produksi akan semakin maksimal pula jika penggunaan bahan lain juga harus tepat. Salah satunya adalah penggunaan margarin. Untuk itu, Palmboom Cake Margarine hadir untuk memberikan margarin dengan kualitas tinggi. Palmboom Cake Margarine merupakan margarin yang bebas dari kandung lemak trans, jadi lebih aman dan sehat untuk digunakan. Selain itu, Palmboom Cake Margarine akan memberikan sensasi aroma fruity butter yang lembut dan moist. Jadi, Palmboom Cake Margarine sangat cocok sekali untuk membuat berbagai makanan ringan berkualitas premium dengan bahan dasar singkong. Semoga bermanfaat, Smart Bakers!

Dapatkan info ter-update mengenai industri cake and bakery dan resep-resep terkini dengan melakukan registrasi di sini.