Manfaatkan Momentum Ramadhan Untuk Bisnis Bakery, Ini Strateginya! | Smartpluspro

Manfaatkan Momentum Ramadhan Untuk Bisnis Bakery, Ini Strateginya!

Kue kering menjadi salah satu hal yang identik dengan Hari Raya Idul Fitri. Tingginya permintaan akan kue kering membuat salah satu bisnis bakery ini memiliki peluang yang cukup besar selama bulan Ramadhan hingga menjelang Lebaran.

Sebagai orang yang menggeluti dunia baking, Smart Bakers pasti tidak ingin melewatkan momentum Ramadhan ini untuk menambah penghasilan dan mengembangkan bisnis melalui bisnis kue kering. Banyak jenis kue kering yang dicari konsumen yang bisa Smart Bakers jual seperti kue nastar, kastengel, putri salju, kue sagu, dan lain sebagainya.

Tapi, dalam bisnis bakery Ramadhan ini, Smart Bakers perlu memperhatikan beberapa strategi agar bisnis berjalan dengan sukses. Hal ini karena persaingan bisnis kue kering di bulan ini sangat ketat sehingga Smart Bakers tidak hanya perlu perencanaan bisnis yang matang, tetapi juga diimbangi dengan beberapa strategi untuk memaksimalkan penjualan di bulan Ramadhan

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Smart Bakers pahami agar bisnis bakery Ramadhan berjalan sukses dan meraih keuntungan dengan maksimal.

Jual Kue dengan Banyak Varian

Terdapat banyak jenis kue yang ada di pasaran. Dalam bisnis bakery untuk Ramadhan ini, Smart Bakers bisa mulai menentukan dan membuat berbagai macam varian kue kering yang akan dijual. Hal ini karena kesukaan setiap orang berbeda-beda. Selain menjual kue nastar dan putri salju, alangkah baiknya Smart Bakers juga menambahkan varian kue kering lainnya seperti lidah kucing, kue kacang, stik keju, dan lain sebagainya.

Buat Inovasi Produk

Kue kering bisa menjadi laris di pasaran karena banyak konsumen yang tertarik dan penasaran dengan tampilan luarnya. Smart Bakers bisa memanfaatkan peluang ini dengan berkreasi membuat berbagai bentuk kue kering, berbagai varian rasa, hingga tampilan yang unik dan menarik.

Smart Bakers bisa berinovasi membuat berbagai bentuk kue kering seperti bentuk alfabet, kepala hewan yang lucu dan banyak disukai seperti kelinci, atau bentuk lainnya yang sedang menjadi tren. Dalam hal rasa, Smart Bakers bisa membuat kue kering dengan rasa matcha, kopi dalgona, dan lain sebagainya. Sementara untuk tampilan, Smart Bakers bisa membuat kue kering yang dikemas semenarik dan seunik mungkin, misalnya memberi tambahan pita pada toples, atau mengemasnya ke dalam toples yang unik sehingga bisa menambah estetika saat dipajang di meja ruang tamu.

Pertahankan Kualitas Rasa

Tampilan kue yang menarik tentu harus diimbangi dengan kualitas kue itu sendiri. Pastikan Smart Bakers tetap memperhatikan dan menomorsatukan rasa. Perlu diketahui bahwa beberapa orang rela membayar kue dengan harga yang jauh lebih mahal, jika rasanya enak. Tidak menutup kemungkinan mereka pun akan datang kembali. Namun, jika pelanggan sudah kecewa dengan rasa kue tersebut, kemungkinan mereka akan kembali membeli kue kering buatan Smart Bakers sangat kecil.

Perhatikanlah Tanggal Kedaluwarsa

Tanggal kedaluwarsa menjadi salah satu perhatian konsumen saat membeli kue kering. Untuk itu, pastikan hal ini juga menjadi perhatian Smart Bakers. Ketahui kapan batas terakhir kue kering bisa dikonsumsi dan berikan label pada kotak atau wadah kue kering yang dijual sehingga masa kedaluwarsa kue kering bisa dengan mudah terlihat oleh konsumen. Jika mereka tahu produk-produk kue kering Smart Bakers masih layak dikonsumsi, mereka pun akan jadi lebih percaya untuk membeli produk buatan Smart Bakers. Jangan sampai Smart Bakers merugikan konsumen karena produk Smart Bakers bisa diragukan oleh konsumen lainnya.

Kombinasikan Platform Offline dan Online

Untuk memaksimalkan bisnis kue kering di bulan Ramadhan, Smart Bakers bisa mengkombinasikan strategi jualan, yaitu secara offline dan online sekaligus. Strategi offline misalnya dengan berpromosi dari mulut ke mulut atau door to door menawarkan ke rumah saudara, tetangga, kerabat, dan lain sebagainya. Smart Bakers juga bisa meminta bantuan keluarga atau kerabat dekat untuk menawarkannya ke orang-orang yang mereka kenal.

Di era digital saat ini ketika hampir semua orang sudah mengenal platform digital, Smart Bakers bisa memanfaatkan media sosial sebagai media promosi penjualan kue kering Smart Bakers. Selain itu, Smart Bakers juga bisa memanfaatkan e-commerce untuk membuka official store dari bisnis Smart Bakers.

Dengan membuat media sosial dan toko online, Smart Bakers dapat menjangkau audiens yang lebih luas sehingga bisa berjualan dan berpromosi kemana saja. Hal ini juga semakin mempercepat orang untuk mengetahui produk kue kering yang Smart Bakers jual.

Selain digunakan sebagai wadah pemasaran online, Smart Bakers juga bisa memanfaatkan teknologi digital ini untuk menambah ilmu baking misalnya melalui Baking Class Online yang diadakan oleh brand FILMA®️, Palmboom, dan Palmvita. Di acara Baking Class Online ini akan dipandu oleh para chef profesional serta dihadiri oleh anggota komunitas baking lainnya.

Baking Class Online bisa Smart Bakers manfaatkan untuk mengembangkan skill dan entrepreneurship di bidang baking. Hal ini karena setelah mengikuti virtual baking class, Smart Bakers akan bisa membuat aneka resep bakery bermutu tinggi yang tentunya layak dijual untuk mengembangkan bisnis.

Beri Promo

Maksimalkan bisnis bakery Ramadhan dengan memberikan promosi untuk aneka produk kue kering yang Smart Bakers jual. Buat promo menarik misalnya ada hadiah 1 toples kue kering secara gratis setiap pembelian 5 toples kue kering. Smart Bakers juga bisa memberikan potongan harga untuk pembelian berikutnya hingga memberikan gratis ongkos kirim ke wilayah tertentu.

Meskipun bisnis kue kering bersifat musiman, nyatanya bisnis ini bisa membantu menambah penghasilan jika dilakukan dengan strategi yang tepat. Selain dengan strategi di atas, jalani bisnis dengan jujur untuk mendapat keberkahan di bulan yang penuh berkah ini. Jangan lupa untuk selalu gunakan bahan-bahan berkualitas seperti produk-produk dari FILMA®️, yaitu FILMA®️ Margarine, FILMA®️ Prestige, dan FILMA®️ Butter Oil Substitute (BOS) untuk menghasilkan aneka kue kering berkualitas premium. Dapatkan informasi lebih lanjut mengenai pemesanan produk FILMA®️ dan produk berkualitas lainnya melalui e-katalog. Selamat mencoba, Smart Bakers!