Donat Kentang : Si Donat Lezat dan Sehat | Smartpluspro

Donat Kentang : Si Donat Lezat dan Sehat

Di masa kini, usaha bakery dan pastry sudah mulai banyak berkembang. Donat merupakan salah satu jenis roti berbentuk bulat yang memiliki lubang di tengah, dengan bahan dasar tepung terigu. Adonan tepung tersebut dibuat sesuai bentuk donat kemudian diolah dengan cara digoreng.

Kini, donat tersedia dalam varian lain yang bahan utamanya dicampur dengan kentang, yaitu donat kentang. Donat kentang memiliki tekstur yang lebih lembut dibandingkan dengan donat yang hanya berbahan dasar tepung terigu. Tahukah Smart Bakers? Donat kentang merupakan camilan bakery yang sehat, lho. Donat kentang mengandung karbohidrat, potassium, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, dan zat besi. Tentunya baik untuk kesehatan tubuh.

Bagi Smart Bakers yang ingin mencoba membuat donat sendiri, tentunya bisa saja. Cara pembuatan donat mudah namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Takaran bahan yang digunakan harus pas jumlahnya, jika tidak dapat menyebabkan kegagalan. Selain takaran bahan, perlu diperhatikan kondisi bahan yang digunakan. Apakah masih segar atau tidak. Hal ini tentu sangat berpengaruh terhadap hasil akhirnya, lho.

Untuk donat kentang anti gagal, Smart Bakers perlu memperhatikan beberapa hal. Untuk penggunaan tepung, gunakanlah tepung berprotein tinggi. Telur ayam yang digunakan untuk donat harus bersuhu ruang, jika bersuhu dingin, biarkan terlebih dahulu sampai mencapai suhu ruang.

Dan untuk adonan donat, harus diuleni dengan tangan sampai benar-benar kalis, agar dapat mengembang dengan sempurna. Untuk proses pengembangan adonan juga dapat menggunakan serbet kain basah atau plastik agar dapat mengembang dengan baik. Sedangkan ragi yang digunakan jangan sampai bercampur dengan garam, untuk itu adonan dibuat setengah kalis terlebih dahulu baru dapat ditambahkan dengan ragi.

Donat kentang dapat dikreasikan dengan berbagai topping dan rasa. Seperti menambahkan meises, coklat bubuk, strawberry, durian, mocca, tiramisu, dan lain sebagainya. Untuk menghasilkan donat yang lezat dan sehat, Smart Bakers perlu menggunakan bahan-bahan yang berkualitas juga.

Smart Bakers dapat menggunakan Palmboom Margarine yang dapat memberikan tekstur donat yang lembut, serta bebas kandungan lemak trans. Untuk menggoreng donat, Smart Bakers dapat menggunakan FILMA Goodfry.

Bagaimana Smart Bakers? Tertarik untuk mencoba membuat donat kentang? Ingat ya, selalu gunakan bahan-bahan berkualitas tinggi agar mendapatkan hasil yang berkualitas juga.