Kenal Lebih Dekat dengan Choux Pastry dan Jenisnya yuk! | Smartpluspro

Kenal Lebih Dekat dengan Choux Pastry dan Jenisnya yuk!

Smart Bakers pasti sudah tidak asing dengan pastry. Jenis bakery yang berasal dari Prancis ini mempunyai banyak penggemar. Pastry sendiri mempunyai beberapa jenis lho, Smart Bakers. Salah satu yang paling familiar dengan masyarakat Indonesia adalah Choux Pastry. Tapi apa sebenarnya itu Choux Pastry dan jenis-jenisnya?

Choux sendiri berasal dari bahasa Perancis yaitu Pâte à choux yang mempunyai arti ‘pasta kubis’ karena umumnya bentuk choux menyerupai kubis saat matang. Di berbagai toko kue atau snack, orang Indonesia lebih sering menyebutnya sebagai kue sus. Uniknya jenis pastry ini tidak disajikan polos, namun biasanya diberikan isian berupa vla yang terbuat dari susu atau krim manis di dalamnya. 

Choux pastry merupakan salah satu jenis pastry yang paling umum dijumpai di Indonesia, rasanya yang enak membuatnya cukup terkenal dan mempunyai banyak penggemar. Karena bentuknya yang unik dan isiannya yang bisa menjadi kudapan pengganjal perut sebelum makan, tidak heran jika orang-orang menyukai choux pastry ini. Oleh karena itu, bukan sesuatu yang mengejutkan kalau choux pastry juga bisa Smart Bakers temukan pada hidangan yang menemani berbagai acara penting di Indonesia. 

Ternyata choux pastry mempunyai berbagai macam jenis lho, Smart Bakers! Berikut adalah jenis-jenis choux pastry yang harus Smart Bakers ketahui sebelum memulai usaha.

1. Chouquettes

Berbeda dengan kue sus biasa, jenis choux pastry yang satu ini mempunyai bentuk yang kecil dan bertabur gula di atasnya. Biasanya chouquettes tidak diberikan isian berupa vla, krim manis, ataupun ragout. Karena tidak adanya isian pada jenis choux ini, maka adonan chouquettes akan diolesi kuning telur terlebih dahulu ketika matang sebelum ditaburi gula diatasnya. Hal itu dimaksudkan agar chouquettes mempunyai cita rasa yang gurih dan manis dari campuran gula tabur.

2. Eclairs

Jenis choux pastry satu ini tidak banyak berbeda dengan kue sus kecuali dari bentuknya. Eclairs sendiri mempunyai bentuk yang memanjang dengan isian vla, krim manis, atau ragout di dalamnya. Selain itu, biasanya eclairs disajikan dengan topping coklat atau gula halus. Jika Smart Bakers ingin mencoba eclairs dengan rasa lain seperti green tea, coba resep spesial ala FILMA® ini.

3. Cream Puffs

Inilah jenis choux pastry yang paling banyak ditemukan pada hidangan di berbagai acara di Indonesia. Bentuknya seperti puff yang gembung dan mekar, dibelah pada bagian tengahnya dan diberikan isian yang sesuai dengan selera masing-masing. Namun, biasanya cream puffs diisi dengan krim manis atau coklat.

4. Profiterole

Jenis choux satu ini terlihat seperti kue sus biasa kan, Smart Bakers? Nyatanya, Profiterole berbeda dengan kue sus yang biasanya hanya berisi krim. Profiterole berisikan es krim vanilla dan juga diberikan lelehan coklat di atasnya. Jenis choux pastry ini bisa Anda temui pada restoran Italia sebagai hidangan penutup. 

Ketika ingin membuat choux pastry, yang harus Smart Bakers perhatikan adalah teksturnya. Choux pastry mempunyai kulit yang renyah, tekstur dalam yang empuk, namun tetap ringan seperti kapas. Oleh karena itu, pembuatan choux pastry cukup menggunakan margarine, air, tepung terigu, dan gula saja. Tidak dibutuhkan pengembang seperti soda kue ataupun baking powder karena sudah bisa didapatkan dari margarine yang digunakan. 

Penggunaan margarine pada adonan choux pastry ini bisa menentukan sukses atau gagalnya adonan lho, Smart Bakers. Kuncinya adalah selalu gunakan margarine berkualitas seperti FILMA® Prestige Margarine. Selain itu FILMA® Prestige Margarine untuk pembuatan choux pastry juga akan menambah aroma fruity butter serta menghasilkan tekstur yang empuk dan lembut. 

Jangan salah pilih margarine, selalu pilih margarine dari FILMA®. Yuk lakukan pembelian di sini!