Inovasi Bahan Warna untuk Kue | Smartpluspro

Inovasi Bahan Warna untuk Kue

Bahan pewarna untuk kue adalah salah satu bahan yang tidak bisa lepas dari proses baking. Terlebih lagi, saat ini konsumen cenderung lebih menyukai kue dengan warna-warna yang menarik. Saat melihat aneka produk bakery yang dipajang di sosial media, kue-kue dengan warna terang lebih terlihat menggugah selera. Inilah bukti kekuatan warna dalam pembuatan kue. Setiap warna yang muncul memberikan efek psikologis tersendiri bagi yang melihatnya. Maka dari itu, Smart Bakers harus benar-benar memperhatikan pewarnaan dalam kue karena warna menjadi salah satu daya tarik utama untuk memikat konsumen.

Bahan warna untuk kue sudah ada semenjak zaman dahulu dan inovasi pewarna kue ini terus bermunculan dari tahun ke tahun. Berawal dari bahan warna natural dari tumbuh-tumbuhan, kemudian muncul juga bahan pewarna sintetis yang dibuat dari proses kimia. Bahan pewarna sintetis yang dulu sempat populer terganjal masalah efek kesehatan hingga banyak yang dilarang beredar. Kini, bahan warna natural lebih banyak dicari oleh para pembuat kue. Produsen bahan warna untuk kue juga terus berinovasi menciptakan produk yang aman dan memudahkan para bakers dalam pewarnaan kue.

Dalam pembuatan berbagai produk bakery, biasanya dibutuhkan jenis bahan warna yang spesifik agar hasil akhirnya bisa maksimal. Smart Bakers harus cermat dalam menentukan bahan warna manakah yang tepat dalam pembuatan kue. Untuk itu, mari kita kenal lebih dekat aneka inovasi bahan warna untuk kue berikut ini.

Bahan Pewarna Cair

Jenis bahan warna untuk kue ini lebih sering ditemukan di pasaran dan biasanya dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Karena menggunakan air sebagai campuran utamanya, bahan warna ini cenderung tidak menghasilkan warna yang pekat. Hati-hati saat menggunakannya karena terlalu banyak pewarna cair akan mengubah tekstur dan rasa adonan. Jika Smart Bakers membutuhkan warna-warna pastel yang tidak terlalu pekat, bahan pewarna ini cocok untuk digunakan. Pakai bahan ini untuk mewarnai frosting dan icing seperti dalam pembuatan Ombre Cake dan Rainbow Button Cookies.

Bahan Pewarna Bubuk

Bahan pewarna bubuk bisa menjadi pilihan bahan warna yang lebih fleksibel dibanding pewarna cair. Smart Bakers bisa mencampurkannya dalam adonan tanpa khawatir akan mengubah tekstur. Bahan warna jenis bubuk ini bisa diaplikasikan ke aneka cake maupun frosting. Selain itu bahan pewarna ini juga bisa ditaburkan langsung di atas cake untuk dijadikan dekorasi.

Bahan Pewarna Gel

Bahan pewarna gel memiliki konsentrasi warna yang lebih pekat dibandingkan dengan bahan pewarna cair. Pewarna ini cocok digunakan untuk aneka cake dan cookies tanpa mengubah rasa. Namun, jangan menggunakannya terlalu berlebihan jika tak ingin warna kue menjadi terlalu pekat dan tidak sesuai harapan. Saat Smart Bakers membutuhkan warna yang terang dan mencolok, maka bahan pewarna gel adalah jawabannya. Contohnya adalah saat Smart Bakers membuat cake dengan warna merah yang pekat seperti dalam resep Red Velvet Meringue Cake.

Bahan Pewarna Oil-Based

Bahan warna dengan bahan dasar minyak diformulasikan agar mudah dicampur dengan bahan makanan yang banyak mengandung lemak seperti cokelat. Jika mewarnai cokelat putih dengan pewarna cair, warna akan sulit menyatu. Gunakan pewarna oil-based untuk mewarnai glazing kue berbahan coklat seperti dalam resep Amadeus White Coffee Crunch.

Bahan Pewarna Airbrush

Bahan warna yang satu ini memang diformulasikan khusus bagi para cake decorator. Bahan pewarna airbrush digunakan untuk mendekorasi cake dan menciptakan efek pewarnaan airbrush yang artistik. Berbeda dengan pewarna lain yang digunakan dengan cara mencampurkan ke adonan, bahan warna airbrush membutuhkan teknik dan kemahiran tersendiri dalam mempergunakannya.

Bahan Pewarna Natural

Seiring berjalannya waktu, bahan pewarna natural menjadi lebih populer dibandingkan dengan bahan pewarna sintetis karena konsumen semakin menyadari dampak kesehatan yang ditimbulkan dari bahan pewarna buatan. Bahan pewarna natural biasanya berasal dari tumbuh-tumbuhan yang diolah sedemikian rupa untuk diambil pigmen warnanya. Beberapa contohnya adalah buah bit untuk warna merah, strawberry untuk warna pink, wortel untuk warna orange, charcoal untuk warna hitam serta aneka daun dan sayuran untuk warna hijau. Salah satu pewarna natural yang populer di Indonesia adalah warna hijau yang dihasilkan dari daun suji. Contoh resep yang menggunakan bahan warna natural ini adalah Lapis Windu Pandan Wangi.

Itulah berbagai inovasi bahan warna untuk kue yang bisa digunakan untuk mempercantik produk bakery Smart Bakers. Pastikan untuk selalu memilih bahan warna dengan kualitas tinggi untuk pembuatan kue, begitu juga dalam memilih bahan-bahan lainnya. Gunakan produk margarin, shortening dan cooking oil dari Smartpluspro untuk mendapatkan hasil maksimal dalam pembuatan bakery. Kunjungi e-katalog untuk informasi produk dan pemesanan.