Cara Membuat Kue Bulan Anti Gagal! | Smartpluspro

Cara Membuat Kue Bulan Anti Gagal!

Kue bulan merupakan makanan tradisional khas China yang biasa disajikan pada Festival Pertengahan Musim Gugur atau biasa disebut juga dengan Perayaan Kue Bulan karena identik dengan aktivitas makan kue bulan.

Dinamakan kue bulan tidak hanya karena bentuknya yang bulat menyerupai bulan, tetapi juga sebagai salah satu cara masyarakat China untuk memberi penghormatan pada Chang E., yaitu sosok yang dipercaya jadi Dewi Bulan. Selain itu, bentuk bulat pada kue bulan juga menjadi simbol keutuhan dan kebersamaan.

Tidak hanya di China, keturunan China di Indonesia pun turut merayakan perayaan ini setiap tahunnya. Kue bulan pun menjadi hidangan yang paling banyak diburu saat perayaan ini tiba.

Macam-macam Kue Bulan

Kue bulan dibuat dengan berbagai macam jenis dan isian, misalnya kue bulan yang pembuatannya dipanggang, kue bulan dengan tekstur crispy, snow skin, kue bulan coklat, hingga agar-agar. Bahkan saat ini, kue bulan banyak dikreasikan dengan rasa yang kekinian, misalnya kue bulan dengan isian cream cheese, coklat, green tea, es krim, hingga lotus biscoff.

Tidak hanya itu, di China sendiri, varian kue bulan tergantung dengan asal dan tradisi di wilayah masing-masing, seperti:

Kue bulan gaya Kanton

Berasal dari Provinsi Guangdong di China Tenggara yang memiliki beragam isian, mulai dari pasta biji lotus, pasta biji melon, ham, aneka daging seperti daging ayam, daging bebek, babi panggang, jamur, dan kuning telur dengan cita rasa yang cenderung manis.

Kue bulan gaya Beijing

Berasal dari Beijing dan Tianjin dengan ciri khas rasanya yang manis dengan dekorasi yang detail.

Kue bulan gaya Suzhou

Sedikit berbeda dari kue bulan pada umumnya, kue bulan jenis ini terkenal dengan bagian pastry-nya yang tipis dan mudah hancur namun kaya akan gula dan lemak dengan rasa asin dan manis.

Kue bulan gaya Chaoshan

Berasal dari daerah di Guangdong, China Tenggara dengan bagian kulit yang khas dan ukurannya yang lebih besar dari kue bulan pada umumnya. Biasanya, kue bulan ini memiliki isian pasta kacang hijau, kentang, dan kacang hitam.

Kue bulan gaya Yunnan

Kue bulan jenis ini memiliki dua jenis isian yang terkenal, yaitu kue bulan ham yang diisi dengan potongan ham dan madu serta kue bulan bunga yang diisi dengan bunga mawar segar dan jenis bunga lain yang bisa dimakan, lalu dibungkus dengan kulit pastry.

Kue bulan gaya Hong Kong

Terkenal dengan kulitnya yang disebut ice-skin karena warnanya yang putih. Kue bulan ini tidak dipanggang dalam oven dan dibekukan dalam lemari es.

Tips Cara Membuat Kue Bulan

1. Pakai Bahan-Bahan yang Sesuai

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue bulan terbilang banyak. Karenanya, pastikan bahan-bahan sesuai dan timbang dengan teliti.

2. Istirahatkan Kulit

Kue bulan tidak bisa langsung dibentuk, sehingga kulitnya perlu diistirahatkan dulu agar teksturnya solid.

3. Gunakan Minyak dan Golden Syrup

Golden Syrup memberi rasa manis yang khas pada kue bulan, membuat warna keemasan dan mempertahankan kelembapan, sementara minyak agar tekstur kue bulan tidak kering.

Selain itu, gunakan juga air lye untuk untuk menetralkan asam yang terdapat pada golden syrup sekaligus membuat kulit kue bulan lebih renyah.

4. Taburi Cetakan dengan Tepung

Taburi cetakan dengan sedikit tepung agar adonan tidak lengket.

5. Isian

Apapun rasa yang dibuat, pastikan tidak terlalu lembut karena bisa membuat kulitnya retak saat dipanggang.

Pembuatan kue bulan tergolong sulit. Namun bukan berarti Smart Bakers tidak bisa mencobanya. Tentukan terlebih dahulu jenis kue bulan yang akan dibuat kemudian terapkan tips-tips di atas dalam pembuatannya. Jangan lupa untuk selalu menggunakan bahan-bahan berkualitas untuk menghasilkan kue bulan yang juga berkualitas seperti Palmboom Cake Margarine. Kamu juga bisa mencoba resep Kue Bulan dari Smartpluspro berikut ya.

Dapatkan juga informasi lebih lanjut mengenai pemesanan produk Palmboom Cake Margarine melalui e-katalog. Selamat mencoba dan berkreasi, Smart Bakers!