Kenali Jenis-Jenis Bahan untuk Mendekorasi Kue Berikut Ini!

Menghias atau mendekorasi cake merupakah salah satu hal yang penting dalam bisnis food and beverage. Selain rasa yang lezat, presentasi dari sebuah cake haruslah menawan dan memanjakan mata konsumen. Mengapa demikian? Hal ini dilakukan agar cake yang Anda produksi dapat lebih menarik perhatian konsumen.  

Banyak teknik dan bahan yang diperlukan untuk mendekorasi sebuah cake. Dan untuk mempercantik tampilannya, alangkah baiknya jika Anda mengenal beberapa ide jenis bahan yang dipakai untuk mendekorasi sebuah cake seperti berikut ini:

  • Buttercream

Buttercream merupakan krim yang terbuat dari campuran margarin, susu, dan gula yang dikocok hingga lembut. Biasanya buttercream diolesi ke cake guna menutupi seluruh permukaannya sebelum dihias. Hal ini dilakukan juga sebagai  lem agar hiasan lain yang akan diletakkan pada cake bisa menempel dengan sempurna. Agar lebih cantik, buttercream juga bisa dicampur dengan pewarna makanan. Buttercream akan lebih cantik jika dihias dengan menggunakan spuit.

  • Plastic Icing (Fondant)

Plastic icing atau yang populer dikenal dengan fondant memiliki tekstur yang elastis sehingga sangat mudah untuk dibentuk sesuai dengan selera. Biasanya fondant digunakan untuk membuat hiasan ornamen seperti pita, bunga, karakter, dan sebagainya. Bahan yang digunakan untuk membuat fondant adalah gula, air, glukosa, gelatin, dan gliserin, dengan rasa yang dominan manis karena kandungan gulanya cukup banyak.

  • Gum Paste

Gum paste memiliki tekstur yang mirip seperti fondant, bedanya jika gum paste didiamkan maka akan mengeras. Biasanya gum paste dibentuk dengan bentuk yang lucu-lucu dan hanya digunakan untuk mempercantik cake saja. Bahan yang digunakan untuk membuat gum paste antara lain gelatin bubuk, glukosa, air, dan gula halus ayak.

  • Royal Icing

Royal icing merupakan lapisan gula putih murni yang mengering dengan halus dan memiliki tekstur yang keras. Teknik membuat royal icing ini ada dua cara, yaitu dengan menggunakan putih telur atau meringue powder. Dan dalam membuat royal icing harus cekatan, dikarenakan royal icing mudah keras jika didiamkan terlalu lama.

  • Coklat

Siapa yang tidak suka dengan coklat? Coklat memang merupakan olesan cake favorit masyarakat Indonesia, karena coklat sangat mudah dipadupadankan dengan segala jenis cake. Namun untuk urusan dekorasi cake, coklat yang digunakan biasanya disebut dengan Chocolate Modelling yang terbuat dari coklat, tepung, maizena, dan cairan glukosa.

Namun selain hal di atas, yang paling penting adalah kualitas bahan yang digunakan dalam membuat krim cake itu sendiri. Bahan dengan kualitas tinggi akan menentukan hasil akhir krim yang Smart Bakers produksi. Untuk itu, Anda harus pintar-pintar dalam memilih bahan yang akan digunakan. Salah satunya adalah Filma Pusaka White Baker’s Fat yang merupakan minyak nabati berkualitas tinggi yang terbuat dari minyak nabati pilihan dan telah dimurnikan. Selain itu, Filma Pusaka White Baker’s Fat memiliki titik leleh melting point yang bagus untuk mengoptimalkan adonan krim sehingga cake Anda akan terasa semakin spesial karena tekstur krim mengembang secara optimal.

Memang zaman sekarang sudah banyak sekali cake yang memiliki bentuk yang unik dan tidak umum. Dengan memadukan antara jenis-jenis bahan yang berkualitas untuk mendekorasi cake di atas dan kreatifitas yang dimiliki oleh Smart Bakers, dijamin cake yang diproduksi pasti akan menjadi incaran para konsumen. Selamat mencoba!

Dapatkan info ter-update mengenai industri cake and bakery dan resep-resep terkini dengan melakukan registrasi di sini.