Bisnis Melejit, Raih Cuan Besar Dengan Usaha Jajanan Pasar | Smartpluspro

Bisnis Melejit, Raih Cuan Besar Dengan Usaha Jajanan Pasar

Jajanan pasar adalah salah satu jenis makanan tradisional yang masih menjadi primadona bagi banyak orang, khususnya di Indonesia. Selain disajikan pada acara khusus, jajanan pasar juga kerap kali menjadi pilihan di waktu santai sebagai teman minum teh atau kopi.

Meskipun banyak jenis makanan dari luar negeri yang beredar di Indonesia, hal tersebut tidak menyurutkan minat masyarakat pada jajanan pasar. Alih-alih menghilang, justru saat ini jajanan pasar jadi populer kembali. Keanekaragaman dan cita rasa yang khas membuat jajanan pasar tetap disukai kapanpun dan dimanapun.

Selain membantu UKM dan para pelaku usaha bakery, dengan mengonsumsi jajanan pasar juga bermanfaat untuk melestarikan kuliner asli Indonesia. Nah, hal ini bisa menjadi peluang bisnis bagi Smart Bakers untuk meraih cuan melalui hidangan jajanan pasar. Yuk simak cara dari PALMBOOM untuk menjadikan bisnis jajanan pasar jadi lebih menguntungkan.

Tentukan Jenis Jajanan Pasar Yang Mau Dijual

Tips pertama dari PALMBOOM adalah dengan menentukan jenis jajanan pasar yang mau dijual. Hal ini karena jajanan pasar memiliki banyak jenis dan macamnya. Mulai dari makanan berat sampai makanan ringan. Ada juga variasi yang manis sampai yang gurih. Untuk memulai bisnis jajanan pasar, Smart Bakers harus menentukan terlebih dahulu jenis jajanan pasar seperti apa yang akan dijual nantinya.

Cara menentukannya bisa dengan memilih jenis jajanan pasar yang paling mudah diolah dan paling dikuasai oleh Smart Bakers. Hal ini nantinya akan menentukan bahan baku, cara pengemasan, pelanggan yang dituju, hingga harga jual. Untuk itu, Smart Bakers harus melakukan riset dan mencari referensi resep untuk menentukan jenis jajanan pasar yang mau dijual.

Jangan khawatir! PALMBOOM memiliki referensi resep jajanan pasar yang bisa Smart Bakers olah. Mulai dari Spikoe, Bika Ambon, Donat Ayam, Kue Gulung, Kue Ketan Hitam, Kue Tambang, Roti Pisang, dan berbagai jenis menu lainnya. Ada juga kreasi jajanan pasar yang lebih inovatif seperti Es Teler Pie dan Kue Lapis Pandan.

Simak referensi resep jajanan pasar ala PALMBOOM lainnya yang lebih lengkap di sini.

Rincikan Target Pelanggan Yang Ingin Disasar

Setelah Smart Bakers mengetahui jenis jajanan pasar yang akan diproduksi, langkah selanjutnya dari PALMBOOM adalah menentukan target pelanggan. Target pelanggan adalah sekumpulan orang yang disasar untuk produk yang dijual.

Smart Bakers harus merencanakan siapa sajakah pelanggan yang akan dituju untuk sasaran penjualan. Hal ini dapat memengaruhi cara Smart Bakers dalam mempromosikan jajanan pasar yang dipilih. Untuk itu, perlu memastikan target pelanggan secara terperinci dan spesifik, agar Smart Bakers bisa menemukan “formula” bisnis yang tepat.

Caranya dimulai dari menentukan demografi pelanggan seperti usia, tempat tinggal, pekerjaan, dan sebagainya. Kemudian, ketahui kebiasaan dan perilakunya seperti suka makan apa, suka berkumpul dimana, menghabiskan uang berapa untuk makan dan jajan, dan bagaimana kehidupan sehari-hari lainnya. Terutama setelah masa pandemi, apakah terjadi perubahan pada perilaku pelanggan? Khususnya dalam mengonsumsi jajanan pasar di era saat ini. Ketahui struktur pelanggan dan strategi bisnis selengkapnya di sini untuk diterapkan pada usaha jajanan pasar Smart Bakers.

Lakukan Promosi agar Bisnis Jajanan Pasar Dikenal Luas

Jika sudah mengetahui jenis jajanan pasar apa yang akan dijual dan ditujukan kepada siapa, selanjutnya adalah tentang bagaimana caranya agar bisnis jajanan pasar bisa dikenal luas. Hal terpenting yang harus dilakukan adalah dengan mempromosikannya.

Dalam mempromosikan produk, terdapat berbagai cara. Mulai dari cara offline sampai online. Dengan cara manual atau digital. Semua itu termasuk ke dalam strategi pemasaran produk. Smart Bakers harus mengetahui tentang strategi pemasaran atau strategi marketing yang tepat diterapkan pada usaha Anda.

PALMBOOM akan beri contoh: Jika Smart Bakers memilih penjualan online, maka sudah tepat dan terbaik saat ini, terlebih sejak pandemi. Pada penjualan online, Smart Bakers bisa memulai dengan cara yang mudah. Seperti mulai membagikan usaha jajanan pasar yang Smart Bakers buat kepada kerabat dan meminta mereka untuk mem-posting dan memberikan ulasan di media sosial mereka. Bisa melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, atau TikTok. Jangan lupa minta untuk tag atau mention ke akun Anda. Dengan begitu, followers mereka akan mengetahui bahwa Anda berjualan jajanan pasar dan akan semakin dikenal luas. Ini adalah salah satu contoh strategi pemasaran online yang cukup mudah untuk dilakukan dan hasilnya tetap maksimal.

PALMBOOM selalu berbagi ilmu pada para Smart Bakers untuk dapat mengembangkan bisnisnya lebih maju lagi. Salah satunya dapat dilihat dari acara ini. Untuk itu, ikuti dan pantau terus perkembangannya di sini agar dapat mengetahui strategi pemasaran yang tepat bagi bisnis Anda.

Perhatikan Penggunaan Bahan-Bahan!

Hal terakhir yang terpenting dari bisnis jajanan pasar adalah memerhatikan kualitas bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatan. Jangan karena ada sebutan “pasar” lalu jadi meremehkan kualitas ya, Smart Bakers!

Kualitas bahan dalam pembuatan makanan khususnya kue dan roti adalah hal yang paling utama. Hal ini dikarenakan, kualitas akan memengaruhi rasa dan tekstur makanan. Selain itu, pelanggan akan tetap melihat kualitas dari makanan yang dijual seberapapun harga dan promosinya.

Jika kualitas makanan yang dijual buruk, walaupun dengan strategi marketing yang jor-joran pelanggan tidak akan tertarik atau bahkan melakukan repeat order, sehingga bisa merugikan bisnis jajanan pasar Anda nantinya. Untuk itu, perhatikan kualitas bahan yang akan digunakan ya, Smart Bakers.

Salah satu bahan penting yang harus diperhatikan adalah Margarine. Penggunaan margarine sangat memengaruhi tekstur, rasa, dan aroma dari jajanan pasar Anda. Oleh karena itu, Smart Bakers harus menggunakan margarine yang berkualitas, seperti PALMBOOM Cake Margarine dan PALMBOOM Margarine.

Keunggulan menggunakan PALMBOOM Cake Margarine adalah memberikan sensasi aroma fruity butter yang lembut, moist dan membuat jajanan pasar Anda makin disukai pelanggan. Sedangkan PALMBOOM Margarine akan memberikan tekstur yang bagus untuk berbagai jenis jajanan pasar Smart Bakers.

Untuk itu, PALMBOOM adalah pilihan tepat dalam membuat aneka krasi jajanan pasar. Pastinya kreasi jajanan pasar Smart Bakers akan makin lezat dan nikmat sempurna. Selalu gunakan PALMBOOM Cake Margarine dan PALMBOOM Margarine untuk usaha Anda. Pesan di sini sekarang.