Inovasi Bisnis Bakery Menghadapi New Normal | Smartpluspro

Inovasi Bisnis Bakery Menghadapi New Normal

Para pebisnis dan pemilik UKM dituntut untuk terus melakukan inovasi bisnis agar dapat beradaptasi di era new normal, tak terkecuali mereka yang bergelut di bidang bakery. Inovasi bisnis menjadi sebuah keharusan agar pelanggan tidak merasa jenuh dan terus tertarik untuk membeli produk bakery Smart Bakers.

Setelah ekonomi sempat lesu akibat serangan pandemi, pebisnis bakery di Tanah Air berlomba-lomba mengeluarkan inovasi bisnis terbaru yang tentunya diharapkan bisa menaikkan omset penjualan di era new normal. Tidak hanya inovasi dalam hal resep, inovasi dalam hal menjalankan bisnis juga memegang pengaruh besar dalam kesuksesan sebuah bisnis bakery. Inilah beberapa inovasi bisnis bakery yang bisa menjadi inspirasi Smart Bakers.

1. Inovasi Produk Parbaking

Salah satu inovasi bisnis yang kini banyak dicoba oleh pebisnis bakery adalah menjual produk-produk parbaking dan mengusung tema “bake at home” atau memanggang roti di rumah. Parbaking adalah teknik dimana adonan roti dipanggang tidak sepenuhnya matang dan langsung dibekukan. Roti-roti yang diproses dengan teknik parbaking ini disebut par-baked bread. Adonan roti yang 80% matang dan telah dibekukan ini bisa dijual ke pelanggan dimana nantinya di rumah pelanggan tinggal memanggang par-baked bread selama 10-15 menit, tergantung jenis rotinya. Pelanggan pun akan merasakan sensasi memanggang roti di rumah yang tentunya menjadi aktivitas yang menyenangkan di era new normal.

Ada beragam produk bakery yang bisa dibuat dengan teknik parbaking. Beberapa diantaranya yang paling umum adalah aneka roti seperti baguette, sourdough, dan bread rolls. Smart bakers juga bisa membuat par-baked pizza dan juga par-baked pie crust.

2. Inovasi Berlangganan Roti atau “Bread Subscription

Inovasi bisnis yang satu ini menargetkan para konsumen yang terbiasa mengkonsumsi produk bakery sehari-hari. Mereka yang menghindari terlalu banyak kontak fisik di era new normal dapat memilih untuk berlangganan produk roti dari merk favorit atau penyedia roti favorit mereka. Smart Bakers bisa menawarkan layanan berlangganan atau bread subscription untuk para pelanggan setia. Buat skema yang mudah misalnya satu paket roti dikirim seminggu sekali dan pelanggan bisa berlangganan dengan jangka waktu mulai dari 1 bulan.

Produk bakery yang bisa dijadikan menu bread subscription adalah roti yang biasa dikonsumsi sehari-hari seperti roti tawar, roti gandum, dan roti artisan. Smart Bakers juga bisa memasukkan aneka roti manis dalam menu berlangganan. Salah satu resep yang bisa Smart Bakers coba untuk varian menu adalah Mixed Nut Havermout Bread.

3. Inovasi Menu Bakery untuk Healthy Lifestyle

Di era new normal, konsumen lebih peduli dengan kesehatan dan makanan yang mereka konsumsi. Berinovasilah dengan menu-menu bakery sehat untuk menarik perhatian pelanggan. Berkreasi dengan bahan buah-buahan dan sayuran menjadi salah satu jalan untuk menemukan inovasi resep bakery sehat. Smart Bakers juga bisa berinovasi dengan tema “mock meat” atau bahan pengganti daging untuk menargetkan konsumen yang mengurangi konsumsi daging di era new normal.

Jangan lupa untuk menambahkan informasi bahan pembuatan dan kandungan gizi dalam produk bakery Smart Bakers. Informasi ini dapat Smart Bakers sematkan pada kemasan produk dan juga katalog produk di sosial media. Konsumen yang peduli kesehatan akan sangat mengapresiasi hal ini dan semakin tertarik untuk membeli produk Smart Bakers.

4. Inovasi Pengemasan dan Pengiriman

Sudah sewajarnya Smart Bakers memperhatikan prosedur pengemasan dan pengiriman sebagai salah satu elemen utama bisnis di era new normal. Kemasan lama mungkin saja sudah tidak bisa digunakan lagi di era new normal atau Smart Bakers perlu sedikit mengutak-atik pengemasan agar bisa menyesuaikan dengan era new normal. Beberapa bisnis bakery memilih untuk mengemas produk dengan lebih aman antara lain menambahkan plastic wrap untuk mengemas bungkus bakery, memasang cable tie pada ikatan kantong plastik serta memberikan 2 layer kantong plastik untuk memastikan bahwa produk tidak terkontaminasi selama proses pengiriman oleh kurir. Jika bisnis Smart Bakers menggunakan kurir sendiri, pastikan kurir sudah sudah melakukan cek kesehatan secara rutin. Informasikanlah standar pengemasan dan pengiriman ini kepada pelanggan di sosial media agar pelanggan merasa aman saat berbelanja produk bakery Smart Bakers.

5. Inovasi Pemasaran Online

Pemasaran online berupa iklan di Facebook dan Instagram kini tak hanya didominasi oleh brand-brand besar. Para pemilik UKM pun bisa aktif beriklan untuk memasarkan produknya. Buatlah inovasi iklan-iklan produk bakery yang menarik untuk semakin menarik perhatian konsumen di sosial media. Jika perlu, Smart Bakers bisa menyewa jasa fotografer dan desainer grafis profesional untuk membuat tampilan iklan yang menarik dan mengundang perhatian. Padukan iklan ini dengan promo-promo paket new normal. Misalnya dengan membeli 2 produk bakery, konsumen akan mendapatkan satu botol kopi kemasan. Kreatiflah menciptakan promo khusus new normal agar orang-orang semakin tertarik membeli produk Smart Bakers.

Itulah beragam inovasi bisnis bakery yang bisa Smart Bakers jalankan dalam menghadapi era new normal. Semoga informasi ini bermanfaat bagi bisnis Smart Bakers.

Apapun inovasi yang ingin Smart Bakers kreasikan, pastikan untuk selalu konsisten memberikan produk bakery berkualitas tinggi kepada konsumen. Salah satu cara menjaga kualitas produk bakery adalah dengan menggunakan bahan-bahan yang bermutu dalam pembuatannya. Manfaatkan aneka margarine, shortening dan cooking oil dari Smart Pluspro untuk menghasilkan produk bakery berkualitas. Kunjungi e-katalog berikut ini untuk melakukan pemesanan https://smartpluspro.com/e-catalog-local