5 Ide Kue Untuk Bisnis Takjil Saat Ramadhan | Smartpluspro

5 Ide Kue Untuk Bisnis Takjil Saat Ramadhan

Takjil menjadi salah satu makanan yang paling banyak diburu sebagai hidangan berbuka puasa saat bulan Ramadhan. Ya, takjil seperti sudah menjadi tradisi berbuka puasa masyarakat Indonesia sejak dulu yang bisa berupa hidangan manis seperti kolak dan es buah, hingga kue basah.

Tentu bulan Ramadhan menjadi ladang bisnis yang menguntungkan bagi pegiat kuliner. Banyak sekali yang memanfaatkan momen ini untuk berjualan takjil karena penghasilan yang didapatkan juga cukup menguntungkan.

Takjil memang banyak diburu, namun Smart Bakers juga perlu ingat bahwa persaingan bisnis takjil selama bulan Ramadhan juga cukup ketat. Untuk itu, diperlukan adanya inovasi untuk menghasilkan takjil yang tidak hanya enak tetapi juga menarik karena keunikannya. Berikut ini adalah 5 ide kue untuk bisnis takjil saat bulan Ramadhan yang bisa dicoba untuk menambah menu takjil Smart Bakers:

1. Pie Kolak Pisang

Kolak pisang menjadi makanan berbuka puasa yang banyak ditemui di hampir setiap wilayah. Kolak berbahan dasar santan dan gula aren ini memang paling nikmat disantap selagi masih hangat. Smart Bakers bisa membuat hidangan kolak pisang yang berbeda dan spesial, yaitu Pie Kolak Pisang.

Cara pembuatan pie kolak pisang ini cukup mudah. Pertama-tama, buat adonan pie menggunakan FILMA®️ Prestige kemudian masukkan ke dalam cetakan untuk dipanggang.

Setelah itu, lanjutkan dengan membuat isian kolak pisang yang dibuat seperti kolak pada umumnya. Bedanya, Smart Bakers perlu menambahkan agar-agar bubuk agar kolak pisang bisa terbentuk.

Nantinya, pie yang sudah matang, bagian dalamnya dipoles dengan cokelat putih hingga mengering, kemudian diisi dengan kolak pisang.

2. Kolak Pisang Dessert Box

Seperti namanya, dessert box merupakan makanan penutup atau cake yang ada di dalam wadah kotak yang bisa langsung dimakan dari tempatnya. Biasanya dessert box ditata dalam kotak bening yang terdiri dari beberapa lapisan seperti kue sponge, krim lembut, taburan bubuk cokelat, topping biskuit, dan lainnya.

Tapi bagaimana dengan membuat dessert box dengan cita rasa klasik dari kolak? Hidangan penutup yang berbeda ini bisa jadi inspirasi bisnis kuliner bagi Smart Bakers sebagai pengganti kolak saat berbuka puasa.

Kolak pisang dessert box merupakan cake yang dibuat dengan menggunakan gula merah dan dilapisi dengan isian kolak pisang.

Setelah cake gula merah dibuat, masukkan 1 buah cake gula merah pada dasar dessert box lalu tuangkan 4 sdm isian kolak, lalu ulangi dengan memasukkan 1 buah cake gula merah dan tuang kembali dengan kolak pisang.

Setelah kolak pisang dessert box mengeras, bagian atasnya bisa diberi hiasan potongan pisang raja yang ditumis dengan sedikit margarine dan diberi hiasan potongan daun pandan. Gunakan FILMA®️ Prestige untuk menghasilkan tekstur cake gula merah yang lembut dengan aroma butter yang unik dari kandungan butter oil di dalamnya. Smart Bakers bisa mendapatkan resep lengkapnya di Instagram @hidayatchefkoko

3. Cake Pudding Ketan Hitam

Jika biasanya pudding terkenal dengan puding cokelat, bagaimana dengan puding cokelat yang dipadukan dengan ketan hitam sehingga menjadi hidangan berbuka puasa yang lebih istimewa?

Cake pudding ketan hitam merupakan puding yang menggunakan ketan hitam sebagai bahannya. Pembuatan cake pudding ini diawali dengan membuat adonan ketan hitam yang dipanggang hingga matang. Smart Bakers bisa mendapatkan tekstur cake yang lembut dengan menggunakan FILMA®️ Prestige. Setelah dingin, letakkan cake ke dalam loyang.

Selanjutnya, masak puding busa tape ketan hitam yang terdiri dari gula pasir, santan kental, air, putih telur, dan tape ketan hitam. Setelah matang, langsung tuangkan pada loyang yang sudah ada cake ketan hitam dan biarkan agak mengeras.

Sambil menunggu puding busa tape ketan hitam mengeras, Smart Bakers bisa membuat  pudding jelly ketan hitam yang terdiri dari jelly instan bubuk plain, gula pasir, air dan tape ketan hitam. Setelah matang, tuangkan ke dalam loyang yang sudah ada cake ketan hitam dan puding busa, biarkan puding jelly membeku. Smart Bakers juga bisa mendapatkan resep lengkapnya di link berikut ini. Selamat mencoba.

4. Serabi Kuah

Serabi termasuk ke dalam jenis makanan panekuk. Serabi merupakan salah satu makanan tradisional di Indonesia yang sering dijadikan hidangan penutup atau bahkan takjil saat bulan puasa. Dessert tradisional ini terbuat dari tepung beras, ragi instan, dan santan. Tambahan kuah cinca yang disiram ke serabi membuat hidangan ini terasa begitu nikmat. Harumnya daun pandan berpadu dengan aroma butter yang unik dari FILMA®️ Prestige membuat hidangan ini semakin istimewa. Serabi kuah cocok dinikmati selagi masih hangat saat berbuka puasa. Smart Bakers bisa mendapatkan resep lengkapnya di instagram @mikegunner

5. Bolu Pisang Candil Ubi

Bolu pisang berpadu dengan candil ubi menjadi ide unik nan kreatif yang bisa Smart Bakers sajikan sebagai menu takjil. Dalam pembuatannya, Smart Bakers perlu menyiapkan bolu pisang, cream cheese frosting dan tentunya candil ubi.

Setelah itu, buat cangkang cokelat dengan menggunakan bagian luar cetakan Dome/Balon. Kuas milk chocolate agar menghasilkan motif serat yang diulangi hingga beberapa kali agar cangkang terbentuk tebal.

Kemudian, spuitkan cream cheese frosting pada bagian dalam cangkang cokelat, kemudian tambahkan bolu pisang, tutup kembali dengan cream cheese frosting. Kemudian bagian atasnya beri topping dengan candil ubi.

Aroma pisang dikombinasikan dengan aroma butter yang unik dari FILMA®️ Prestige ini akan menghasilkan bolu pisang candil ubi yang lebih nikmat dan menggoda.

Itulah 5 ide kue untuk bisnis takjil saat Ramadhan yang bisa Smart Bakers sajikan. Agar bisnis takjil ini berjalan sukses, terapkan strategi pemasaran yang efektif dan tepat sasaran. Selain itu, pastikan untuk selalu menggunakan bahan-bahan berkualitas dalam pembuatan takjil, terutama pemilihan margarine karena akan sangat mempengaruhi rasa dan kualitas hasil akhir kue. Smart Bakers bisa melakukan pemesanan produk margarine berkualitas tinggi dari Smartpluspro sekarang juga melalui e-catalog. Semoga berhasil menjalankan bisnis takjil, Smart Bakers!